Memasang Lampu LED Pada Bagian Bawah Motor



Modifikasi sepeda motor tidak ada batasnya, dari modifikasi tampilan motor hingga modifikasi engine. Hal ini karena kita merasa bosan dengan sepeda motor standar pabrik yang gitu-gitu aja, hhehe..
Salah satu modifikasi yang simpel yang akan saya paparkan disini adalah modifikasi pada tampilan sepeda motor kita dengan memasang lampu led pada kolong motor (dekat ban belakang motor). Modifer ataupun bukan dapat melakukannya karena pemasangannya yang mudah dan simpel, tinggal hubungkan lampu led ke aki dan pasang saklar.
Tetapi yang akan kita lakukan disini adalah membuat lampu led kolong motor tadi dapat menyala secara otomatis pada malam hari dan saat kunci kontak pada posisi on agar kita tidak repot-repot pencet saklar untuk menyalakannya.
Oke, langsung saja saya beri tahu caranya
pertama, alat dan bahan yang diperlukan:
  1. Lampu LED 4 buah (jumlah tergantung keinginan)
  2. NPN Transistor BC547 : Berfungsi untuk membalikkan keadaan LDR agar pada saat LDR terkena cahaya tahanannya menjadi besar dan saat tidak terkena cahaya tahanannya mendekati nol, untuk mendapatkan keadaan ini transistor harus dirangkaikan dengan resistor.
  3. LDR (Light Density Resistor) : Sebagai sensor cahaya, besar tahanan LDR ini tergantung intensitas cahaya, pada saat terkena cahaya tahanan LDR mendekati nol, dan saat tidak terkena cahaya tahanannya besar.
  4. Resistor R1 330 ohm
  5. Resistor R2 100 k ohm
  6. Resistor R3 1 k ohm
  7. Kabel kecil (untuk rangkaian)
  8. Saklar (jika ingin mematikan lampu LED secara permanen)
  9. AVO meter
  10. Gunting
Bahan-bahan diatas mudah ditemukan di toko-toko listrik. Setelah semua alat dan bahan yang diperlukan siap, buatlah rangkaian seperti gambar dibawah ini :
Gambar Rangkaian Lampu Led
Setelah membuat rangkaian seperti pada gambar diatas, kita tinggal memasangnya ke sepeda motor, yang perlu dilakukan adalah memperpanjang kabel lampu LED, saklar, dan LDR, karena kita akan memasang lampu LED pada kolong motor dan LDR di tempat yang terkena cahaya. LDR bebas diletakkan dimana pun asalkan tidak tertutup dan LDR terkena cahaya pada siang hari. Sedangkan untuk saklar bebas dimana pun.
Daya yang kita ambil adalah dari aki yang terhubung jika kunci kontak pada posisi on, contohnya pada lampu rem, karena kita ingin lampu LED menyala saat kunci kontak pada posisi on, kemudian mati saat kunci kontak pada posisi off sehingga tidak perlu repot memencet saklar jika ingin dimatikan.
Dibawah ini ada foto yang udah jadinya..
Letak LDR


Foto saat malam hari dengan kunci kontak ON


Foto saat siang hari dengan kunci kontak ON

 
Foto saat siang hari dengan kunci kontak OFF

Saklar pada rangkaian tadi bisa kita OFF-kan jika ingin mematikan lampu LED secara permanen.
Semoga bermanfaat…

5 komentar:

Anonim mengatakan...

mau donk tutorialnya diperjelas

Anonim mengatakan...

bisa tolong kasihkan rumus buat nentuin nilai resistornya

thanks

Anonim mengatakan...

bisa tolong kasihkan rumus buat nentuin nilai resistornya

thanks

Catur Arifiyanto mengatakan...

prhitungan e tnya aj mbah e google

Anonim mengatakan...

Total habis berapa ya bos?terus apakah semua lampu led tempel sama?